Wisata Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu

Lawang Sewu bisa menjadi persinggahan menarik berikutnya di Kota Semarang. Kerap disebut sebagai bangunan yang angker, Lawang Sewu merupakan gedung tua yang dulunya berfungsi sebagai kantor pusat Indische Spoorweg Maatscappij (NIS). NIS dikenal sebagai perusahaan yang membangun jalur kereta antara Semarang dengan Solo dan Jogja.

Gedung yang dibangun pada tahun 1904 ini memiliki bentuk yang sangat unik dengan ciri khas mempunyai banyak pintu dan jendela. Karena jumlahnya yang banyak, masyarakat setempat pun menyebut bangunan ini sebagai Lawang Sewu, yang artinya seribu pintu. Meski, sejatinya jumlah pintu pada gedung tiga lantai ini tidak mencapai angka 1.000 dan hanya mempunyai 429 pintu.

Beragam kisah mistis menyelimuti tempat wisata di Semarang ini. Konon, terdapat beberapa lokasi angker yang bisa dijumpai di dalam gedung. Di antaranya adalah pada area sumur tua, pintu utama, penjara berdiri, penjara bawah tanah, penjara jongkok, serta ruang penyiksaan tawanan. Berbagai penampakan pun kabarnya sering terjadi di tempat wisata ini. Mulai dari hantu tentara Belanda, kuntilanak, genderuwo, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *